Twitter
RSS

Perancangan dan Pengendalian Produk

Ukuran-ukauran untuk mengevaluasi kinerja pengembangan produk :
1. kualitas produk
2. biaya produk
3. waktu pengembangan
4. biaya pengembangan
5. kemampuan pengembangan

Siapa saja yang terlibat dalam proses pengembagan produk :
1. marketing = sebagai menjembatani perusahaan dengan customer, membca peluang pasar, mendefinisikan segmen pasar dan pengetahui selera customer.
2. desain = mendefenisikan bentuk fisik untuk memenuhi kebutuhan customer.
3. manufaktur = sistem produksi

Tantangan dalam pengembangan produk :
1. trade off ( harga vs kualitas, berat vs kekuatan)
2. dinamika (teknologi,selera pasar,kompetitor)
3. detail engineer berimbas pada cost
4. tekanan waktu
5. faktor ekonomi

Macam proses pengembangan produk :
> Market Pull
perusahaan mengawalinya dengan peluang pasar kemudian menggunakan teknologi yang sesuai untuk customer.
> Technology Push
perusahaan mengawalinya dengan teknologi baru kemudian mendapatkan pangsa pasar

produk platform : perusahaan mengasumsikan bahwa produk baru dibuat dengan teknologi subsistem yang telah ada. contoh : elektronik,printer, komputer.

proses intensif : karakteristik sangat dibatasi oleh proses produksi. contoh: bahan kimia, makanan ringan, dan cereal.

produk customized : variasi model yang ada disesuaikan dengan selera customer.

Comments (0)

Posting Komentar