Ukuran-ukauran untuk mengevaluasi kinerja pengembangan produk :
1. kualitas produk
2. biaya produk
3. waktu pengembangan
4. biaya pengembangan
5. kemampuan pengembangan
Siapa saja yang terlibat dalam proses pengembagan produk :
1. marketing = sebagai menjembatani perusahaan dengan customer, membca peluang pasar, mendefinisikan segmen pasar dan pengetahui selera customer.
2. desain = mendefenisikan bentuk fisik untuk memenuhi kebutuhan customer.
3. manufaktur = sistem produksi
Tantangan dalam pengembangan produk :
1. trade off ( harga vs kualitas, berat vs kekuatan)
2. dinamika (teknologi,selera pasar,kompetitor)
3. detail engineer berimbas pada cost
4. tekanan waktu
5. faktor ekonomi
Macam proses pengembangan produk :
> Market Pull
perusahaan mengawalinya dengan peluang pasar kemudian menggunakan teknologi yang sesuai untuk customer.
> Technology Push
perusahaan mengawalinya dengan teknologi baru kemudian mendapatkan pangsa pasar
produk platform : perusahaan mengasumsikan bahwa produk baru dibuat dengan teknologi subsistem yang telah ada. contoh : elektronik,printer, komputer.
proses intensif : karakteristik sangat dibatasi oleh proses produksi. contoh: bahan kimia, makanan ringan, dan cereal.
produk customized : variasi model yang ada disesuaikan dengan selera customer.
1. kualitas produk
2. biaya produk
3. waktu pengembangan
4. biaya pengembangan
5. kemampuan pengembangan
Siapa saja yang terlibat dalam proses pengembagan produk :
1. marketing = sebagai menjembatani perusahaan dengan customer, membca peluang pasar, mendefinisikan segmen pasar dan pengetahui selera customer.
2. desain = mendefenisikan bentuk fisik untuk memenuhi kebutuhan customer.
3. manufaktur = sistem produksi
Tantangan dalam pengembangan produk :
1. trade off ( harga vs kualitas, berat vs kekuatan)
2. dinamika (teknologi,selera pasar,kompetitor)
3. detail engineer berimbas pada cost
4. tekanan waktu
5. faktor ekonomi
Macam proses pengembangan produk :
> Market Pull
perusahaan mengawalinya dengan peluang pasar kemudian menggunakan teknologi yang sesuai untuk customer.
> Technology Push
perusahaan mengawalinya dengan teknologi baru kemudian mendapatkan pangsa pasar
produk platform : perusahaan mengasumsikan bahwa produk baru dibuat dengan teknologi subsistem yang telah ada. contoh : elektronik,printer, komputer.
proses intensif : karakteristik sangat dibatasi oleh proses produksi. contoh: bahan kimia, makanan ringan, dan cereal.
produk customized : variasi model yang ada disesuaikan dengan selera customer.
Comments (0)
Posting Komentar